Arti Lambang pada Remote AC, Anda Wajib Tahu

Ac merupakan salah satu perangkat elektronik yang banyak sekali digunakan oleh masyarakat. Saat musim panas, sudah pasti ac akan sangat dibutuhkan untuk membuat suhu ruangan tetap sejuk. Dengan begitu, maka istritahat maupun bekerja pun akan tetap nyaman dan lancar.

Ac sendiri merupakan alat elektronik yang tidak asing lagi didengar, akan tetapi meskipun demikian tidak sedikit yang belum mengetahui mengenai ac itu sendiri. Diantaranya adalah arti lambang pada remote ac yang mempunyai ikon atau gambar yang berbeda-beda dengan kegunaannya masing-masing.

Arti Lambang Pada Remote AC yang Wajib Diketahui

arti lambang remote ac

Bagi yang ingin membeli ac atau sudah membeil ac namun tidak mengerti atau tidak tahu tentang fitur-fitur serta arti lambang pada remote ac, tidak usah khawatir. Karena di bawah ini terdapat penjelasan yang bisa memberikan informasi pada Anda.

1. Pendingin

Arti lambang pada remote ac yang pertama adalah pendingin yang mana menjadi fungsi yang paling penting dalam remote ac untuk mendinginkan suhu ruangan. Pendingin sendiri biasanya pada remote ac dilambangkan dengan kepingan salju.

Mode ini sangat cocok digunakan jika memasuki musim panas dan tidak disarankan untuk digunakan saat memasuki musim dingin. Hal tersebut bertujuan agar tidak boros dalam penggunaan alat elektronik yang satu ini dan menghindari tagihan listrik yang membengkak.

2. Pemanas

Pada beberapa ac, terdapat fitur pemanas. Meskipun fitur tersebut sangat tidak disarankan untuk digunakan baik itu pada musim dingin terlebih pada musim panas. Penggunaan fitur pemanas pada remote ac yang digunakan pada musim dingin bisa membuat kinerja perangkat menjadi turun.

Hal tersebut dikarenakan suhu negatif akan mengubah sifat freon dari oli kompresi, sehingga bisa menyebabkan perangkat bisa gagal. Sedangkan penggunaan fitur pemanas pada saat musim panas bisa membuat tagihan listrik kian membengkak. Jika eror, simak artikel tentang kode error mesing cuci untuk mengetahui lebih lanjut.

Hal tersebut dikarenakan ac bisa menghasilkan panas 3 sampai 4 kali lebih banyak dari yang dibandingkan. Maka dari itu, meskipun fitur pemanas terdapat pada beberapa merk ac akan tetapi penggunaannya sangat tidak disarankan. Fitur pemanas pada remote ac sendiri biasanya dilambangkan dengan gambar atau icon matahari.

3. Pengatur Malam Hening

Selain ke dua fitur di atas, pada ac pun biasanya dilengkapi juga dengan pengatur malam hening. Arti lambang pada remote ac yang satu ini biasanya ditAndai dengan ikon atau gambar bintang. Tugasnya berfungsi untuk mengurangi kebisingan pada saat malam hari.

Pengatur malam hening sendiri mempunyai nama lain mode malam. Apabila ac menggunakan mode ini pada malam hari selain mampu mengurangi bising, penggunaan daya pun bisa sedikit berkurang dibanding dengan tidak mengaktifkannya sama sekali.

4. Timer

Arti lambang pada remote ac yang selanjutnya adalah ikon atau gambar jam yang menunjukkan fitur timer. Fitur timer sendiri berfungsi untuk mengatur waktu pada penggunaan ac. Misalnya saay hendak tidur, Anda bisa mengautr timer pada ac tersebut dengan waktu yang sudah diatur sebelumnya. Dengan begitu maka ac pun akan mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang sudah diatur sebelumnya.

5. Swing

lambang pada remote ac

Fitur yang biasa disediakan selanjutnya pada remote ac adalah swing. Dimana fitur tersebut berfungsi untuk mengatur aliran udara yang dihasilkan oleh ac itu sendiri. Dengan memencet tombol ini, maka udara yang dikeluarkan oleh ac pun akan dialirkan secara merata ke seluruh ruangan.

6. Tombol Power On/Off

Tombol power on/off merupakan tombol yang paling penting pada remote ac. Karena untuk dapat menghidupkan ac dan bisa mengatur-ngatur suhu udara yang diinginkan harus menghidupkannya terlebih dahulu dengan memencet tombol on.

Sedangkan jika ingin menghentikan penggunaan ac, tentu harus memencet tombol off. Hal tersebut agar penggunaan ac bisa terkontrol dan tidak memakan tagihan listrik yang banyak hingga membengkak.

7. Pengaturan Kecepatan Kipas

Selain ke enam fitur di atas, fitur yang terdapat pada remote ac selanjutnya adalah pengaturan kecepatan kipas. Kecepatan kipas sendiri tergantung pada intensitas pemanasan atau pendinginan dari ruangan itu sendiri. Semakin tinggi kecepatan kipas, maka akan semakin cepat pula pembentukan kondisi suhu yang diperlukan serta akan semakin besar pula volume udara melalui unit dalam ruangan.

8. Display Atau Layar Remote

arti lambang pada remote ac

Yang menjadi pembeda dari remoe ac dengan remote elektronik lainnya terletak pada adanya layar atau display. Adanya layar pada remote ac ini berguna untuk menampilkan pengaturan pada ac itu sendiri misalnya suhu dan mode yang sedang digunakan.

Apabila ac menyala, maka layar pun akan terus menyala. Jika ac mati, maka layar pun akan ikut mati. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara menghidupkan atau mematikan display atau layar ac. Karena layar akan hidup atau mati secara otomatis apabila ac nyala atau mati.

9. Tombol Temperatur

Fitur yang penting dalam remote ac selanjutnya adalah tombol temperatur. Biasanya pada remote tombol temperatur disingkat dengan temp. Pada remote ac sendiri fitur ini dibagi menjadi dua tombol yakni bagian atas dan bawah.

Bagian atas untuk menaikkan suhu sedangkan tombil bagian bawah berguna untuk menurunkan suhu. Yang mesti Anda tahu, semakin rendah suhu maka akan semakin dingin, sedangkan semakin tinggi suhu, maka akan semakin panas.

10. Light

Tombol light pada remote ac berguna untuk menampilkan indikator lampu yang terdapat pada unit ac indor. Saat memencet tombol ini, maka lampu ac indor pun akan menyala.

11. Turbo

Arti lambang pada remote ac yang selanjutnya adalah ikon atau gambar baling baling. Jika Anda memencet tombol ini, maka ac pun akan bekerja secara maksimal. Yaki secara cepat mendinginkan atau memanaskan suhu ruangan. Jadi, apabila Anda melihat tombol baling baling pada remote ac maka fungsinya untuk memaksimalkan kerja dari ac itu sendiri.

12. X-Fan

Selain ke sebelas fitur di atas, fitur yang ada di remote selanjutnya adalah x-fan. Tombol ini berfungsi agar kipas indornya menyala selama beberapa menit setelah ac dimatikan. Jadi, apabila ac sudah dimatikan, maka ac akan tetap menyala beberapa menit. Hal tersebut bertujuan untuk meniup sisa air yang terdapat di dalam saluran udara.

13. Plasmacluster Operation

Dan arti lambang pada remote ac yang terakhir adalah tombol bergambar titik yang membentuk segitiga ke arah bawah. Fitur yang satu ini dalam remote ac berfungsi untuk mengurangi bakteri atau jamur yang terdapat di dalam ruangan.

Itulah beberapa arti lambang pada remote ac yang wajib diketahui oleh para pemula yang ingin membeli ac atau sudah membeli ac namun masih bingung dengan fitur fitur yang terdapat pada remot ac. Dengan adanya informasi di atas, maka Anda pun lebih mudah dalam menggunakan remote ac tersebut.