Arti Simbol Remote AC Sharp

Air Conditioner (AC) sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat di kota-kota yang memiliki udara panas. Fungsi dari AC mampu memberikan hawa dingin dan sejuk dalam waktu singkat pada suatu ruangan tertutup. Penggunaan AC tidak terbatas pada ruangan eksklusif di perkantoran, namun sudah banyak rumah tinggal yang menggunakan AC pendingin di dalam kamar tidurnya.

Tingginya permintaan AC di pasaran menjadikan produk ini banyak dijual di toko elektronik. Tersedia berbagai macam merek dan jenis AC yang beredar di pasaran. Harganya pun kompetitif dengan berbagai fitur yang saling bersaing. Biasanya, AC ini dijual sebagai satu paket yang sudah termasuk AC indoor, AC outdoor, dan remote AC.

Simak juga secara umum, apa saja arti lambang pada remote AC, disitu dijelaskan lambang kodenya secara universal.

Dalam mengoperasikan AC biasanya digunakan sebuah remote. Dalam remote AC tersebut terdapat beberapa tombol dengan symbol dan fungsi masing-masing. Apakah kamu sudah mengetahui seluruh arti dan fungsi dari simbol-simbol di remot AC? Berikut ulasan mengenai arti simbol dan fungsi remot AC Sharp

Fungsi dan Arti Simbol Remote AC Sharp

simbol remote ac sharp

  1. On/off

Tombol on/off digunakan untuk mengaktifkan dan mematikan AC bekerja. Fungsi AC untuk mendinginkan ruangan dapat diaktifkan dengan memencet tombol on/off satu kali. Pada pencet tombol on/off berikutnya kerja AC akan mati.

  1. Mode

Terdapat 5 mode yang dapat ditampilkan melalui satu tombol ini. Mode otomatis, mode cool, mode dry, mode fan, dan mode heat.

Pada pencetan pertama, akan ditemui mode otomatis. Selanjutnya terdapat mode cool yang diikuti dengan mode dry. Mode fan akan ditemui pada pencetan kelima, sedangkan mode terakhir yang tersedia adalah mode heat.

  1. Tombol min plus

Tombol ini berfungsi mengatur suhu yang diinginkan. Untuk mendapatkan suhu yang lebih dingin bisa menggunakan tombol min, sedangkan untuk mendapatkan suhu yang lebih hangat bisa menggunakan tombol plus.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan semakin tinggi suhu maka akan semakin panas. Sebaliknya, jika angka yang menunjukan suhu rendah maka udara akan semakin dingin. Rentang suhu yang terdapat pada remote ac sharp mulai dari 18 derajat celcius hingga 30 derajat celcius

  1. Fan

Tombol fan berperan dalam mengatur kecepatan kipas yang membantu menyebarkan udara dingin dari AC. Tersedia 3 mode dari tombol fan ini, yaitu auto, 1 bar, 2 bar, dan 3 bar. Semakin besar daya yang digunakan dari kipas ini berbanding lurus dengan konsumsi listriknya.

Mode auto fan mengatur kecepatan putaran kipas secara otomatis menyesuaikan kondisi suhu ruangan. Jika kamu ingin mengakali agar AC di rumah tidak banyak menambah tagihan listrik maka disarankan menggunakan mode 1.

  1. Tombol swing

arti lambang remote ac sharp

Tombol ini tidak dituliskan dengan huruf melainkan dengan menggunakan symbol. Simbolnya sederhana menggambarkan aliran arus angin yang bergerak keluar dari ac. Terdapat beberapa 2 mode utama yaitu swing atau pause.

Jika mode swing diaktifkan maka arus angin yang keluar dari AC cenderung lebih terasa ke seluruh ruangan. Sedangkan mode pause bermanfaat untuk yang ingin mendinginkan pada satu titik tertentu.

Pada remote AC Sharp, pengaturan tombol swing dengan mode pause masih terbagi lagi menjadi dua jenis. Pada jenis pertama, kita dapat memberhentikan (pause) arah aliran berdasarkan pergerakan manual. Sedangkan pada jenis kedua, sudah terdapat mode arah pause dari aliran dingin.

  1. Clock

Fitur clock yang terdapat pada remote AC menunjukan tampilan waktu. Tampilan waktu dari tiap remot AC dapat berbeda-beda. Umumnya tampilan waktu pada remot AC dituliskan dalam 12 jam.

  1. Timer On

Tombol timer on berfungsi untuk mengaktifkan ac secara otomaatis pada waktu tertentu. Cara kerjanya kamu bisa mengatur kapan AC akan hidup secara otomatis dengan rentang waktu tiap 30 menit. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini sebagai cara cerdas mendinginkan ruangan.

Jika biasanya, kamu lelah ingin beristirahat di kamar dengan udara dingin tapi merasa terlalu lama untuk dingin. Mungkin kamu bisa menggunakan fitur timer on. AC akan bekerja secara otomatis sebelum kamu tiba di ruangan untuk beristirahat.

  1. Timer Off

Jika timer on berguna untuk menghidupkan secara otomatis, maka timer off sebaliknya. Ini adalah cara cerdas untuk mematikan AC secara otomatis. Fitur ini biasa digunakan jika kita menggunakan AC ketika tidur.

Selain untuk menghindari rasa kedinginan berlebih, fitur ini juga bisa membantu kita untuk menghemat listrik. Pasalnya AC akan berhenti bekerja sesuai durasi yang kita inginkan tanpa harus kita tunggu.

  1. X-Fan

Tombol X-Fan berfungsi untuk mengaktifkan kipas indoor tetap menyala setelah AC dimatikan. Kipas indoor akan menyala selama beberapa menit untuk meniup sisa air di dalam udara.

Fitur X-Fan penting diaktifkan sewaktu-waktu jika AC sudah aktifkan secara terus menerus tanpa henti. Hal ini mencegah adanya penyumbatan es atau blocking yang mungkin saja terjadi akibat pembekuan di saluran udara.

Simak juga kode error mesin cuci samsung dan cara mengatasinya.

  1. Temp

Apakah kamu pernah berpikir apa fungsi tombol temp? Tombol temp memiliki arti temperature. Tombol ini berfungsi untuk mengecek suhu di dalam ruangan dan di luar ruangan. Pada pencetan pertama, akan menunjukan suhu di dalam ruangan (ac indoor) dan pada pencetan kedua akan menunjukan suhu di luar ruangan (ac outdoor).

Lalu apa bedanya temperatur suhu yang secara umum muncul pada remote AC dengan temperatur indoor pada fitur ‘Temp’? Temperatur yang muncul secara umum pada remote menunjukan kinerja/usaha AC mendinginkan udara ruangan dengan suhu tersebut. Sedangkan temp indoor menggambarkan kondisi suhu ruangan secara real.

Sebagai contoh, pada saat dinyalakan suhu temp indoor dan outdoor menunjukan 28 derajat. Lalu, ac dinyalakan dengan suhu 18 derajat. AC akan bekerja secara maksimal mendinginkan ruangan dengan suhu tersebut. Ketika diaktifkan kembali fitur temp indoor, suhu akan menunjukan 25 derajat pada ruangan yang telah didinginkan oleh AC tersebut.

  1. Turbo

Tombol turbo berfungsi untuk mempercepat proses pendinginan atau penghangatan ruangan dalam waktu singkat. Tentu saja aktivasi menu turbo ini akan mengonsumsi penggunaan listrik yang lebih besar. Tampilan mode turbo ditandai dengan tanda baling-baling kipas pada tombol remot.

arti simbol remote ac sharp

  1. Sleep

Mode ini berperan untuk membantu tidur kamu lebih berkualitas. Soalnya, jika kamu mengaktifkan fitur ini maka kinerja dari AC akan lebih lembut. AC akan bekerja secara halus sehingga kerja dari mesin tidak menghasilkan bunyi berisik yang dapat mengganggu waktu tidur.

  1. Light

Light merupakan lampu indikator yang berada pada AC. Biasanya terdapat tiga lampu yang memiliki fungsinya masing-masing. Lampu pertama akan menyala ketika AC sedang dalam kondisi on. Lampu kedua akan menyala jika fitur timer AC diaktifkan. Sedangkan lampu ketiga akan hidup secara kedap kedip ketika terjadi error pada komponen AC.

Nah itu dia arti simbol remot AC. Dengan memahami kode tersebut, kita jadi lebih mudah lagi dalam mengoperasikan AC dengan baik.