cara memperbaiki kipas angin

Tips Mudah Cara Memperbaiki Kipas Angin

Tips Mudah Cara Memperbaiki Kipas Angin – Kipas angin masih menjadi andalan banyak orang untuk menyegarkan ruangan. Kadang bahkan beberapa orang menyalakan kipas angin secara terus menerus dengan harapan sirkulasi udara menjadi lebih baik sehingga udara panas dalam ruangan berganti menjadi udara yang lebih segar. Selain harganya yang terjangkau, kipas angin juga hanya menggunakan sedikit daya sehingga konsumsi listrik menjadi lebih hemat.

Namun, ketika kipas angin digunakan secara kontinyu dengan minim istirahat maka dapat timbul kerusakan seperti berhenti berputar atau mengeluarkan suara yang cukup mengganggu. Bisa saja langsung membawanya ke teknisi di tempat layanan service. Tetapi ternyata ada tips mudah cara memperbaiki kipas angin yang dapat anda lakukan di rumah.

Hal yang perlu diperhatikan saat memperbaiki kipas angin sendiri adalah anda hanya perlu detil memperhatikan bagian-bagian kipas angin yang anda bongkar dan memastikan di area mana yang perlu diperbaiki ataupun hanya perlu dibersihkan saja. Selain itu, dengan memperbaiki sendiri tentunya aman di kantong bukan?

Penyebab Kipas Angin Mengalami Kerusakan

cara reparasi kipas angin

Biasanya kipas angin mengalami kerusakan setelah pemakaian terus menerus tanpa jeda istirahat. Bagian yang seringkali mengalami kerusakan adalah yang pertama bagian bearing atay bushing kipas angin yang sudah aus. Solusi yang bisa dilakukan adalah melakukan pengecekan secara mendetail pada bagian tersebut. Kemudian hitung jumlahnya, pada bagian ini kemungkinannya bagian depan dan belakang perlu dilakukan penggantian.

Bagian kedua yang sering mengalami kerusakan sehingga kipas angin berhenti berputar atau meimbulkan bunyi adalah karena bagian as motor kipas dengan stator (plate yang terdapat bagian spul), posisinya sudah tidak lagi di bagian center. Penyebab utamanya karena rumah motor depan dan belakang sudah dalam keadaan penyok sehingga bagian as motor menempel pada stator. Solusinya, penggantian tak hanya pada bagian bearing tapi juga casing keseluruhan.

Tips Mudah Cara Memperbaiki Kipas Angin

cara memperbaiki kipas angin

Kipas angin yang rusak tentu cukup menyebalkan. Apalagi jika kipas angin merupakan satu-satunya alat untuk menyejukkan ruangan. Apalagi jika kerusakan yang dialami seperti tiba-tiba berhenti berputar di kecepatan tertentu, tidak bisa bergerak swing lagi, atau mungkin menimbulkan bunyi yang membuat telinga jadi merasa terganggu.

Nah, berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah tips mudah cara memperbaiki kipas angin yang bisa anda simak jika ingin memperbaiki kipas angin sendiri di rumah.

1. Lakukan Pembongkaran pada Kerangka Kipas Angin

Sediakan peralatan untuk melakukan pembongkaran seperti screw driver, kain, sikat dan lainnya yang anda perlukan. Kemudian bongkar bagian luar dari baling-baling kipas angin. Lepaskan baut yang ada secara hati-hati dan pisahkan dengan teliti. Saat memisahkan baut yang menguci kerangka dinamo perlu diperhatikan menyeluruh agar tidak ada kabel yang terputus. Tujuannya agar tidak menambah daftar perbaikan kipas angin anda.

2. Cek Bagian Penutup Dinamo

Langkah berikutnya adalah bukalah penutup motor dinamo. Buka baut-bautnya dan keluarkan stator (plate yang ada gulungannya / spul) dan as motor. Sekali lagi, anda perlu  berhati-hati saat membukanya. Karena jika spul ini putus, maka kipas angin anda tidak bisa menyala.

3. Temukan Bagian Bearing / Bushing Kipas Angin

Kemudian anda harus cek motor dinamo, apakah terjadi aus pada bagian bearing / bushing. Caranya dengan memasukkan as motor ke dalam bearing / bushing kemudian menggoyangkannya ke kanan dan ke kiri. Apabila terasa longgar maka bagian bearing / bushing sudah aus. Segera lepaskan bearing / bushing tadi, kemudian ganti dengan yang baru. Lalu pasang kembali bagian tersebut ke motor dinamo.

4. Bersihkan Kotoran yang Melekat

Setelah bearing  kembali terpasang, perhatikan pula area lain di kipas angin. Apabila kotoran sudah menumpuk, bersihkan kipas angin dengan sikat, kanebo basah kemudian diakhiri dengan lap kering. Tujuan dari melakukan hal ini adalah agar debu-debu tidak tersangkut pada mesin atau baling-baling kipas.

5.  Rakit Kembali Bagian Kipas Angin

Saat merakit kembali kipas angin, terlebih dahulu berikan pelumas agar mesin yang ada di dalamnya bisa bekerja dengan baik dan lancar. Pelumas akan meminimalisir gesekan berlebih sehingga komponen awet dan tidak mudah aus. Setelah semua terakit baik, kemudian lakukan pengecekan dengan menyalakan kipas angin apakah sudah berjalan dengan baik.

Merawat Kipas Angin

cara service kipas angin

Setelah anda bisa memperbaiki kipas angin tadi, hendaknya perlu diikuti dengan perawatan yang tepat. Peralatan elektronik perlu dirawat agar tetap awet untuk digunakan jangka panjang. Oleh karena itu untuk merawat kipas angin perlu dilakukan hal-hal berikut ini :

  1. Rajin Membersihkan Kipas

Kipas angin perlu dibersihkan minimal 2 minggu sekali karena pada bagian baling-baling dan rumah mesin mudah sekali menyimpan debu. Jangan sampai debu menggumpal, karena angin yang dikeluarkan dari kipas angin membawa udara kotor.

  1. Hindari Pemakaian Kasar

Kipas angin dapat bergerak ke kanan dan ke kiri, tetapi hendaknya saat ingin mengarahkan ke arah tertentu jangan melakukan tindakan kasar. Akibat dari tindakan ini bisa membuat kipas menjadi macet atau tersendat di bagian tertentu.

  1. Hindari Pemakaian Non Stop

Pemakaian non stop dapat menyebabkan mesin menjadi panas sehingga life time dari kipas angin bisa berkurang dengan cepat. Berikan jeda atau istirahat bagi kipas angin sebelum digunakan lagi. Biasakan untuk memberikan ritme bagi kipas angin agar bisa berumur lebih panjang.

  1. Biasakan Pengoperasian Normal dan Hindari Pemakaian Ekstrim

Biasakan untuk menyalakan kipas angin dari kecepatan paling rendah. Kemudian jika dirasa masih kurang dingin, maka bisa dinaikkan kecepatannya secara bertahao, Tujuannya agar dinamo dan bagian bushingnya lebih tahan lama.

  1. Hindari Terkena Air

Seperti layaknya peralatan eletronik lainnya, hindarkan kipas angin dari terkena air. Air akan merusak sistem kerja mesin kipas angin dan membuatnya rusak.

  1. Rutin Cek Kondisi Kipas Angin

Periksa dengan rutin komponen kipas angin seperti dinamo, bushing, baling-baling bahkan kabel. Tujuannya agar kipas angin berumur panjang dan awet.

Selain kipas angin, kita juga bisa menggunakan AC Simak juga artikel kami tentang arti lambang pada remote AC

Demikian beberapa tips mudah cara memperbaiki kipas angin yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Jika anda sudah melakukan tips di atas dan masih menemukan kesulitan atau kipas angin masih belum bisa berjalan dengan baik, mungkin ada yang perlu diganti dari bagian mesin kipas angin tersebut. Anda bisa menemukan komponen yang anda perlukan di toko alat listrik atau di marketplace online. Jika dirasa terlalu sulit, segera bawa kipas angin anda ke layanan service terdekat untuk ditangani.

Lakukan perawatan rutin dan selalu bersihkan kipas angin anda secara teratur agar udara bersih selalu tersirkulasi dengan baik di rumah anda. Semoga artikel tips mudah cara memperbaiki kipas angin ini bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih!