cara pasang booster tv

Cara Pasang Booster TV Sendiri

Jika Anda memiliki TV dan antena, tapi tidak ada booster maka dirasa sangat kurang. Dengan tidak adanya booster, seperti yang Anda tahu bahwa unit TV nanti tidak akan memunculkan gambar yang ada di layar. Karena itu, Anda harus tahu cara pasang booster TV yang memang wajib bagi para pemilik TV.

Karena memang wajib memasang booster bagi para pemilik TV, Anda harus tahu bagaimana cara memasangnya. Masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara memasang booster, sehingga lebih mengandalkan orang yang lebih berpengalaman seperti tukang servis. Namun, hal tersebut juga malah bisa membuang uang hanya untuk memasang booster saja.

Anda harus bisa memasang booster sendiri karena bisa menghemat ongkos pemasangan yang bisa digunakan untuk keperluan lain. Kalau memang belum bisa, tidak perlu khawatir karena kali ini Anda bisa mempelajarinya. Pada pembahasan kali ini, Anda bisa mempelajari cara memasang booster TV dengan mudah, praktis dan bisa langsung berhasil.

Alat-alat yang Dibutuhkan

cara pasang boster tv bawah

Sebelum masuk ke pembahasan bagaimana cara memasang booster TV, hal pertama yang perlu dipelajari adalah alat apa saja yang dibutuhkan pada saat pemasangan nanti. Dengan tersedianya alat-alat yang dibutuhkan maka bisa mempermudah dan memperlancar pemasangan booster.

Setelah sebelumnya kami tulis cara pasang bracket TV Led, berikut ini alat yang dibutuhkan untuk cara pasang boster TV.

  1. Booster

Sudah pasti komponen utama harus tersedia terlebih dulu. Booster nantinya bisa membuat gambar yang dihasilkan dalam TV jadi lebih jernih. Fungsi dari booster sendiri adalah menyalurkan sinyal yang ditangkap antena ke TV.

Anda bisa mendapatkan booster TV yang memiliki kualitas bagus dengan membelinya di toko elektronik terdekat. Untuk harga jelas menentukan kualitas yang dimilikinya. Jadi pastikan membeli booster yang berkualitas agar gambar yang dihasilkan semakin jernih.

  1. Kabel Antena

Selanjutnya, kabel antena merupakan komponen utama lainnya yang dibutuhkan sebelum memasang booster. Kabel tersebut nantinya akan menyambungkan antena dengan booster. Karena kabel juga menentukan kualitas gambar, pastikan membeli kabel dengan kualitas yang bagus juga.

  1. Obeng

Obeng adalah alat yang dibutuhkan selanjutnya dalam memasang booster. Kegunaan obeng sendiri sudah pasti sebagai alat untuk mengencangkan sekrup yang terdapat di antena. Meski sebenarnya ada juga antena yang tidak membutuhkan sekrup atau langsung.

  1. Gunting

Kegunaan gunting sebagai alat pemotong nantinya adalah untuk memotong kabel antena. Misalkan kabel terlalu panjang atau berlebih, maka bisa langsung dipotong dengan menggunakan gunting dan bisa menyesuaikan panjang yang dibutuhkan.

  1. Alat Lainnya

Selain beberapa alat seperti di atas, Anda juga bisa menyiapkan alat lain yang mungkin sangat dibutuhkan agar bisa mempermudah pemasangan booster TV.

Cara Pasang Boster TV

cara pasang booster tv dx w9900

Setelah alat-alat yang dibutuhkan sudah dipersiapkan, selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan cara pasang booster TV. Agar Anda tidak kesulitan dalam memasangnya, berikut ini cara pemasangannya.

  1. Lihat Port Booster

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah melihat dan memahami port atau lubang yang ada pada booster yang sudah dibeli. Port tersebut terletak di bagian belakang unit booster. Hal ini penting dilakukan karena biasanya port yang ada pada booster ada dua macam.

Port pertama merupakan jalur yang menghubungkan antena ke port TV. Sedangkan port satunya lagi merupakan jalur yang menghubungkan antena ke booster. Hal ini sangat penting untuk dipahami agar tidak salah dalam menghubungkan antara port tersebut.

  1. Memasang Kabel Antena ke Port TV

Setelah mengetahui setiap port yang ada pada booster, Anda bisa langsung memasang kabel dari antena ke port TV yang terdapat di booster. Pada pemasangan ini masih cukup mudah, dan Anda hanya perlu mencolokkan saja setiap ujung kabel antena ke port yang tepat.

  1. Memasang Kabel Antena ke Booster

Selanjutnya, Anda hanya perlu memasang kabel antena ke booster. Saat Anda melakukan pemasangan, pastikan jika ujung kabel atau soket masuk secara sempurna ke port. Jika tidak maka akan terdapat sedikit gangguan sehingga Anda harus benar-benar teliti dalam memasang soket ke port.

  1. Nikmati Hasilnya

Jika Anda melakukan pemasangan dengan benar dan juga tepat, maka Anda sudah bisa menikmati hasilnya. Anda tinggal menyalakan TV dan lihat hasilnya. Jika gambar yang dihasilkan jernih maka cara pasang booster TV tersebut sudah berhasil Anda lakukan.

Keuntungan Menggunakan Booster TV

Setelah mengetahui bagaimana cara memasang booster TV yang begitu mudah, Anda juga harus tahu apa saja keuntungan yang didapatkan dengan memasang booster TV. Terutama bagi yang memiliki rumah di daerah yang sulit sinyal atau jauh dari stasiun pemancar televisi.

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan booster TV.

  • Menghasilkan Gambar Berkualitas

Sesuai dengan fungsi utama yang dimilikinya, booster bisa dengan mudah menguatkan sinyal yang ditangkap oleh antena TV. Jadi booster akan memperkuat sinyal yang diterima oleh antena yang kemudian akan diteruskan ke TV. Jadi gambar yang dihasilkan dalam TV akan jauh lebih bagus dibandingkan tanpa menggunakan booster.

Selain membuat gambar jadi lebih berkualitas, booster jika bisa memberikan variasi saluran yang lebih beragam. Jadi, jika sebelumnya ada saluran TV yang tidak muncul, nantinya saluran tersebut bisa dinikmati dengan menggunakan booster.

  • Pemasangan Mudah dan Aman

Ada sebagian pengguna yang memasang booster di luar rumah dan biasanya dipasang tinggi bersamaan dengan antena. Sebenarnya tidak perlu seperti itu dengan menggunakan booster TV untuk di dalam rumah atau indoor. Anda bisa memasangnya dengan mudah di dalam rumah dan tetap bisa menikmati hasil terbaik yang menjadi fungsi utamanya.

Booster yang diletakkan di luar rumah sangat rentan terkena serangan listrik yang berasal dari petir dan bisa menyebabkan konslet. Jika di saat yang bersamaan tengah menonton TV, maka televisi juga akan tersambar petir. Jadi dengan meletakkan di luar rumah bisa sangat beresiko terkena petir.

Selain itu, cara pasang booster TV sendiri tidaklah sulit. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa melakukannya sendiri dengan hanya sedikit mempelajarinya. Bahkan pemasangannya juga sangat cepat dan bisa segera dinikmati.

Bagi Anda yang belum memiliki booster TV, maka segeralah membeli agar kualitas gambar yang dihasilkan di TV jadi lebih jernih. Selain itu, pengalaman menonton TV juga akan lebih menarik lagi. Pastikan Anda membeli booster yang berkualitas sehingga kualitas yang dimilikinya bisa sangat memuaskan.

Jangan lupa untuk mempelajari bagaimana cara memasang booster TV agar Anda bisa melakukan pemasangan sendiri. Anda bisa berhemat karena tidak perlu memanggil tukang servis untuk melakukannya. Uang yang harusnya Anda gunakan untuk membayar orang pun bisa digunakan untuk keperluan lain yang jauh lebih penting.

Sekian penjelasan mengenai cara pasang booster TV dan keuntungan dari pemasangannya. Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat pengetahuan bagi Anda.