Cara Pasang Bracket TV LED Sendiri yang Benar dan Aman

Cara pasang bracket TV LED bisa dibilang mudah, tapi pada kenyataannya tidak boleh sembarangan dilakukan. Bracket merupakan dudukan khusus untuk TV jenis LED atau flat yang memang di bagian belakangnya terdapat lubang skrup sehingga jenis TV tersebut bisa dipasang di dinding.

Terkadang ada yang masih belum mengetahui begitu pentingnya menggunakan bracket TV yang menjadi salah satu cara agar Anda merasa nyaman saat menonton TV. Tampilan juga akan lebih indah dan yang penting memberikan kemudahan pada saat menikmati tontonan TV jenis flat atau LED.

Apa itu Bracket TV

Bracket TV merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai penyangga dan biasa digunakan untuk TV LED atau flat. Biasanya dibuat menggunakan bahan plat besi baja sehingga bisa aman digunakan untuk menempel atau memasangkan TV pada dinding, tiang atau di atas cor. Beban berat yang bisa ditahan sendiri bisa mencapai batas maksimum yang disesuaikan denganjenis dari bracket itu sendiri.

Dengan menggunakan bracket, maka TV jenis LED atau flat tidak perlu diletakkan di atas meja TV atau dilantai. Anda bisa memasangnya di dinding yang akan mempermudah dalam menikmati TV. Bahkan bisa memperindah tampilan ruangan.

Manfaat dari Bracket TV

Sebelum mengetahui cara pasang bracket TV LED, kenali juga manfaat yang bisa didapatkan. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Menghemat Ruang

Bracket TV bisa dipasang baik di ruangan sempit atau luas. Namun pastikan jika ruangan tersebut memiliki ruang yang pas dengan ukuran TV yang akan dipasang.

Jika ruangan yang dipilih memang begitu terbatas, maka pasang TV di tempat yang tepat dan dengan menggunakan bracket. Hal ini sangat disarankan karena bisa menghemat ruang karena memasang di dinding dan akan membuat ruangan jadi terlihat lebih luas.

  1. Memberi Kesan Rapi

Dengan memasang bracket TV di dinding ruangan maka bisa menambah kesan nilai bagi rumah. Jadi kesannya akan lebih tertata dan terlihat sangat rapi.

Dengan penempatan yang proposional dan pas, apalagi sesuai dengan kondisi ruangan maka bisa membuat rumah jadi terasa lebih nyaman. Terlebih jika ada backdrop TV yang pas bisa membuat tampilan jadi lebih indah dan rapi.

Memasang TV di kamar juga salah satu cara agar kamar tidur lebih romantis untuk membina keluarga harmonis.

  1. Lebih Fleksibel

Bracket TV merupakan sebuah alat yang sebenarnya bisa dengan mudah dipasang dan dilepas sesuka hati dan keinginan. Cara memasang bracket TV bisa dibilang sangat simpel dan mudah. Cukup dengan menggunakan bor, obeng dan baut. Jika sewaktu-waktu ingin memindahkannya, maka Anda bisa melepasnya dan memasang ulang dengan begitu mudahnya.

  1. Tidak Terjangkau Anak-anak

Anak yang aktif pasti bisa membuat orang tua khawatir saat mendekati benda tajam atau mudah pecah. Apalagi benda eletronik seperti TV. Jika TV ditempatkan di atas meja pasti akan mudah terjangkau oleh anak. Karena itulah bracket TV bisa menjauhkan TV dari jangkauan Anak-anak.

Bracket TV akan menjauhkan anak dari TV. Jelas orang tua akan lebih tenang dan anak pun akan aman saat menonton TV.

Banyaknya kelebihan dan manfaat yang didapat jika menggunakan bracket TV tentu bisa membuat Anda yakin untuk memasangnya. Terlebih untuk TV LED atau flat yang Anda miliki. Dibandingkan menggunakan meja, memasang bracket jauh lebih aman dan menghemat biaya.

Cara Memasang Bracket TV LED

Jika sudah yakin dengan penggunaa bracket TV, maka Anda harus tahu bagaimana cara pasang bracket TV LED. Caranya tidaklah sulit dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Proses pemasangannya pun tidak lebih dari 15 menit.

Begini cara dalam memasang bracket TV sendiri:

  1. Siapkan Alat Untuk Memasang Bracket

Sebelum mulai memasang bracket TV LED, ada baiknya untuk mempersiapkan alat-alat yang diperlukan terlebih dulu, seperti meteran atau alat ukur, kunci inggris, bor listrik, obeng, pensil dan palu. Beberapa alat tersebut penting dipersiapkan terlebih dulu sehingga mempermudah Anda saat memasang bracket sendiri.

  1. Siapkan Baut Yang Sesuai

Hal penting yang juga harus Anda siapkan adalah baut yang sesuai. Jangan memilih sembarang baut karena dapat mempengaruhi kekuatan bracket. Dengan baut yang sesuai maka bracket bisa lebih kuat dan tidak akan jatuh dengan mudah.

Untuk ukuran baut yang bisa disiapkan ada beberapa pilihan sesuai dengan ukuran TV, seperti:

  • Baut dengan ukuran kecil dan ring untuk TV 14” – 22”
  • Baut sedang dan ring untuk TV 22” – 24”
  • Baut ukuran besar dan ring untuk TV 24” – 32”

Namun, jika Anda membeli bracket biasanya sudah tersedia baut dan ring yang sesuai dengan ukuran TV Anda. Jenis baut yang dipasang pun biasanya berupa ficher atau topi baut.

Nah, dengan baut dan alat yang sudah siap, Anda harus memastikan dinding yang dipasang tidak ditanam pipa air atau kabel listrik. Pastikan dinding juga kuat untuk pemasangan bracket. Jika dinding terbuat dari gypsum, pastikan bagian belakangnya terdapat tiang penyangga seperti baja ringan atau kayu agar kuat menahan bebas TV.

  1. Mengukur Ketinggian Dinding

Ukur ketinggian dinding dan pastikan sesuai dengan ukuran TV. Perhatikan juga pemasangannya agar tidak terlalu tinggi atau rendah sehingga TV tetap nyaman ditonton.

  1. Menandai Lubang

Setelah menemukan tinggi yang pas, tandai lubang dengan pensil. Tanda tersebut nantinya untuk dibor dan tempat pemasangan bracket. Anda juga perlu bantuan waterpass sehingga bracket tidak miring saat dipasang.

  1. Bor Tanda Lubang

Setelah menandai lubang, bor sebanyak 4 titik. Pastikan mata bor sesuai dengan ukuran baut sehingga pas saat dipasang.

  1. Masukkan Ficher

Setelah dilubangi, masukkan ficher dalam keempat lubang dengan memasang piringan bracket dan masukkan ring terlebih dulu, baru masukkan baut ke dalam ficher. Kencangkan baut dengan obeng dan pastikan tidak goyah.

  1. Pasang Tiang Bracket

Setelah piringan terpasang kokoh, pasang 2 tiang bracket sejajar di lubang bagian belakang TV. Pastikan baut juga sesuai dan kencangkan dengan kunci inggris. Pastikan juga tidak goyang.

  1. Memasang TV

Cara pasang bracket TV LED terakhir tentu memasang TV dengan cara menyangkutkan tiang ke piringan bracket. Jika kesulitan bisa meminta bantuan orang lain agar lebih mudah. Kencangkan baut tiang bracket agar tidak goyah dan jatuh.

Kesimpulan

Memasang bracket TV sebenarnya membutuhkan sedikit keahlian, terutama dalam menggunakan bor. Meski begitu, Anda tidak perlu repot mencari baut karena biasanya sudah tersedia saat membeli bracket dengan baut yang lengkap.

Demikian langkah yang diperlukan mengenai cara pasang bracket TV LED sendiri. Dengan menggunakan bracket TV yang Anda pasang sendiri, ruangan tempat Anda menonton TV akan terlihat lebih luas. Anda bisa menghemat tempat dari ruangan Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang hendak menggunakan bracket untuk TV LED atau flat Anda.