Tips Menata Desain Kamar Tidur Ukuran 2×3 Sederhana

Menurut Rumah123, kamar tidur menjadi ruangan di rumah yang menjadi tempat paling lama untuk menghabiskan waktu di dalamnya. Sebagai salah satu ruangan yang cukup penting, tidak jarang banyak yang mengeluh karena memiliki ukuran kamar yang relatif cukup kecil. Namun sebenarnya, ada cukup banyak inspirasi desain kamar tidur ukuran 2×3 sederhana yang bisa dipilih.

Memiliki ukuran kamar tidur yang relatif cukup kecil memang sedikit membutuhkan kecermatan dan effort dalam mengatur dan menatanya. Pada pemilik kamar tidur dengan ukuran kecil haruslah pandai-pandai dalam mengatur dan mengelola berbagai desain tampilan interiornya agar tampilan kamar tidur yang dimiliki tidak terlihat semakin menyempit.

Selain itu, bagi Anda yang cenderung memiliki kamar tidur dengan ukuran relatif minimalis, ada baiknya jika penataannya tidak hanya berfokus pada keindahan semata. Anda juga perlu mempertimbangkan masalah fungsionalitas yang dimiliki agar kamar tersebut bisa memiliki peranan yang semakin optimal dan maksimal.

Tips yang Perlu Dicermati Dalam Menata Desain Kamar Tidur Ukuran 2×3 Sederhana

Mengatur tata letak desain interior pada kamar tidur dengan ukuran yang relatif cukup kecil memang terkesan gampang-gampang susah. Anda membutuhkan kecermatan dan ketelitian dalam pengaturan tata letaknya agar kamar tidur tersebut tidak terkesan menjadi lebih sesak dan penuh. Sebagai referensi, berikut adalah beberapa tips yang perlu dicermati bila Anda ingin mengatur tata letak desain kamar tidur sempit ukuran 2×3 sederhana di rumah.

1. Pastikan Anda Memilih Tempat Tidur Dengan Ukuran yang Tepat

desain kamar tidur minimalis ukuran 2x3

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan ketika ingin mengatur desain kamar tidur dengan ukuran kecil adalah dengan memilih tempat tidur dengan ukuran yang tepat. Kamar tidur dengan ukuran 2×3 idealnya memang hanya digunakan untuk satu orang saja. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda memilih jenis dan ukuran tempat tidur yang khusus untuk satu orang.

Pemilihan ukuran tempat tidur yang tepat ini akan bisa membuat tampilan desain kamar tidur ukuran 2×3 sederhana di rumah Anda menjadi semakin terlihat mumpuni. Selain itu, dengan adanya ukuran tempat tidur yang tepat juga akan menghilangkan kesan ‘penuh dan sesak’ pada kamar tidur mungil tersebut.

2. Singkirkan Barang-barang yang Tidak Terpakai

desain kamar 2x3 untuk suami istri

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting untuk mendesain kamar tidur berukuran minimalis adalah dengan menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak terpakai dari kamar Anda. Mengingat bahwa kamar tidur yang Anda miliki tersebut berukuran kecil maka sebisa mungkin Anda perlu menghindari penumpukan barang-barang di kamar tidur, demi istirahat Anda yang nyaman.

Maka dari itu, sebaiknya Anda segera menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak terpakai tersebut dari kamar tidur Anda. Sejumlah barang-barang seperti mainan yang sudah tidak terpakai, buku-buku bekas, dan lain sebagainya sebaiknya perlu segera disingkirkan agar tidak membuat kamar Anda terlihat semakin penuh dan sempit karena banyaknya barang-barang yang sudah tidak terpakai.

3. Perhatikan Pemilihan Warna Cat Dinding Untuk Desain Kamar Tidur Ukuran 2×3 Sederhana Anda

desain kamar tidur ukuran kecil sederhana

Warna adalah komponen yang sangat penting bagi suatu ruangan. Termasuk juga bagi kamar tidur yang Anda miliki. Meskipun Anda memiliki ukuran kamar tidur yang terbilang cukup kecil, namun Anda tetap perlu memperhatikan masalah pemilihan warna pada desain kamar tidur ukuran 2×3 sederhana yang Anda miliki.

Sebisa mungkin Anda perlu memilih warna cat dinding yang tepat untuk kebutuhan kamar tidur Anda. Untuk kamar tidur dengan ukuran yang relatif cukup kecil yakni pada kisaran 2×3 meter, Anda bisa memilih warna cat dinding yang netral dan juga lembut. Beberapa jenis warna yang bisa Anda pilih diantaranya adalah putih, krem, hijau, dan ataupun warna-warna natural yang lainnya.

Kalau Anda merasa bahwa pemilihan cat warna dinding terasa begitu merepotkan, alternatif yang bisa Anda pilih adalah menggunakan wallpaper dengan motif yang netral. Penggunaan wallpaper dinding dengan aksen yang netral menjadi cara yang paling mudah dan juga simpel untuk membuat kamar tidur yang Anda miliki terkesan begitu luas.

4. Pasangi Aksesoris Kamar Tidur Secukupnya Saja

desain kamar tidur ukuran 2x3 sederhana

Walaupun ukuran space kamar tidur yang Anda miliki cukup kecil, namun bukan berarti Anda harus membiarkannya dalam kondisi yang kosong. Anda pun tetap bisa memasang aksesoris dan dekorasi yang tepat untuk membuat kamar tidur Anda menjadi lebih menawan dan mengesankan.

Namun pemilihan aksesoris tetaplah harus diperhatikan pasalnya pemilihan ukuran aksesoris dinding yang kurang tepat akan membuat kamar tidur Anda menjadi kurang optimal luasnya. Salah satu jenis aksesoris yang bisa digunakan untuk melengkapi desain kamar tidur ukuran 2×3 meter minimalis Anda adalah foto pribadi/keluarga yang dipadukan dengan hiasan sederhana.

Pemasangan kolase foto dapat membuat kamar tidur yang Anda miliki menjadi terlihat lebih artistik dan juga bisa menambah kesan luas pada kamar tidur yang Anda miliki. Sehingga kamar tidur yang nyaman pun bisa Anda raih.

5. Perbanyak Melihat Contoh dan Referensi Desain Kamar Tidur Minimalis

desain kamar tidur minimalis ukuran 2x3 sederhana

Tips selanjutnya yang bisa Anda perhatikan ketika ingin menata desain kamar tidur dengan ukuran 2×3 meter adalah dengan lebih banyak memperhatikan contoh dan referensi. Anda bisa mendapatkan ide atau referensi penataan kamar tidur minimalis dari berbagai sumber semisal majalan, koran, tabloid, internet, dan lain sebagainya.

Semakin sering Anda melihat contoh-contoh dan referensi desain kamar tidur berukuran minimalism aka rumah minimalis, Anda akan memiliki lebih banyak gambaran dan juga daya imajinasi untuk memperkaya kreativitas Anda sehingga bisa menata kamar tidur secara lebih maksimal dan juga optimal.

6. Gunakan Furnitur Multiguna Pada Ruang Kamar Tidur Minimalis

desain kamar tidur ukuran 2x3 dengan kasur lantai

Tips selanjutnya yang perlu Anda cermati ketika ingin menata desain kamar tidur ukuran 2×3 meter adalah dengan banyak menggunakan perkakas multi-fungsi pada kamar tersebut. Menggunakan perabotan multi-fungsi maka Anda bisa menggunakan satu furnitur untuk beberapa fungsi sekaligus sehingga akan membuat tampilan kamar tidur pun tidak penuh dengan berbagai perlengkapan.

Salah satu contoh perlengkapan multi-fungsi yang bisa Anda pilih adalah tempat tidur atau kasur yang bisa dilipat ketika tidak digunakan. Anda bisa juga memilih lemari pakaian yang sekaligus dilengkapi dengan laci penyimpanan sehingga Anda tidak perlu menambah perabotan untuk kebutuhan penyimpanan barang-barang pribadi Anda.

Selain itu, pada desain kamar tidur minimalis ukuran 2×3 sederhana sebaiknya juga menempatkan ranjang pada posisi yang jauh dari pintu masuk. Jika memungkinkan, Anda bisa meletakkan ranjang tersebut pada sudut terjauh di ruangan tersebut. Hal ini semata-mata bertujuan untuk membuat kamar tidur yang Anda miliki terkesan lebih luas dan tidak semrawut ketika dipandang.

Memiliki kamar tidur dengan ukuran yang relatif kecil bukanlah penghalang bagi Anda untuk menghadirkan ruangan yang nyaman dan juga penuh dengan dekorasi artistik. Dengan sederhana desain kamar tidur pun tetap bisa dipoles menjadi modern dan elegan.

Salah satu kunci utama dalam penataan ruangan minimalis adalah pemilihan dan penempatan perkakas yang tepat agar tidak menghasilkan kesan sumpek pada ruang tidur Anda.

Demikianlah beberapa tips penting yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin memiliki desain kamar tidur ukuran 2×3 sederhana yang artistik, menawan, dan juga tidak terkesan sempit. Kini dengan beberapa tips yang telah disampaikan di atas, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin menata dan mengatur kamar tidur yang Anda miliki. Baik ketika menata desain kamar tidur anak maupun untuk dewasa.