Inspirasi Gaya Desain Warung Kopi Rumahan yang Unik dan Nyaman

Menurut data hasil penelitian dari TOFFIN, sebuah perusahaan penyedia solusi binis berupa barang dan jasa untuk industri HOREKA (Hotel, Restoran, dan Kafe) menyebutkan bahwa jumlah kedai kopi per Agustus 2019 sudah mencapai lebih dari 2.950 gerai. Hasil riset ini bisa saja semakin bertambah seiring dengan semakin banyaknya warung kopi rumahan dengan desain yang unik dan nyaman digunakan sebagai tempat tongkrongan.

Nongkrong di warung atau kedai kopi memang menjadi kegiatan yang cukup mengasyikkan. Apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan bersama dengan rekan-rekan maka kegiatan menikmati kopi tersebut akan menjadi semakin nikmat. Terlebih saat ini sudah semakin banyak generasi muda yang gemar menikmati minuman-minuman yang terbuat dari biji kopi pilihan.

Mengingat potensi dan peluang yang masih cukup terbuka dari bisnis untuk pecinta kopi ini, tidak mengherankan jika semakin banyak bermunculan warung kopi modern mewah, coffee shop di rumah hingga warung kopi sederhana pinggir jalan yang menyediakan berbagai macam menu dan varian kopi pilihan.

Kedai kopi modern tidak hanya menyediakan aneka menu kopi pilihan, namun juga melengkapi desain interiornya dengan pola dan warna-warna desain yang unik dan menarik untuk membuat pelanggan menjadi semakin betah dan nyaman. Konsep desain ini akan kita bahas dibawah ini.

5 Inspirasi Gaya Desain Warung Kopi Rumahan yang Menawan

desain warung kopi rumahan

Desain interior suatu kedai kopi pada umumnya didesain secara unik dan menawan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Mulai dari tempat nongkrong, tempat untuk mengerjakan tugas kuliah, tugas kantor, dan lain sebagainya. Maka dari itu, desain warung kopi rumahan biasanya dibuat sedemikian rupa sehingga tampak cantik dan menawan.

Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa inspirasi untuk desain cafe kedai kopi sederhana ala rumahan yang bisa dipertimbangkan. Contoh desain dapat dilihat berikut ini.

1. Desain Kedai Kopi Rumahan Bergaya Monokrom

desain warung kopi

Salah satu desain populer yang biasa digunakan untuk warung kopi adalah bergaya monokrom. Meskipun terkesan sederhana, namun pada dasarnya desain ini cukuplah menarik dan menawan. Desain bergaya monokrom pada umumnya memadukan warna hitam dan juga putih sebagi warna yang dominan untuk menghiasi kedai kopi yang bersangkutan tersebut.

Perlu Anda ketahui, desain warung kopi rumahan bergaya monokrom adalah salah satu teknik mendesain interior suatu ruangan yang bertujuan untuk memberikan tampilan simpel dan modern dalam balutan nuansa yang cantik nan elegan. Desain coffee shop seperti ini sangat menarik customer lo. Banyak diantara customer lebih suka desain interior warung kopi sederhana tapi tetap keren.

Selain itu, penggunaan warna hitam dan putih juga dapat dipadukan dengan kombinasi unik lainnya misal dengan memilih warna kursi dan meja kopi yang berwarna kalem dan lain sebagainya. Bisa juga menambahkan tanaman hias, lukisan sederhana, dan ataupun furnitur yang tepat akan membuat kesan minimalis modern menjadi semakin kuat dan optimal.

2. Desain Warung Kopi Rumahan Bernuansa Vintage

desain kedai kopi rumahan

Inspirasi gaya desain untuk warung kopi rumahan yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah Vintage. Nuansa vintage secara sederhana bisa diartikan sebagai nuansa tempo dulu atau jadul. Dengan demikian, desain kedai kopi yang akan Anda hadirkan tersebut mengusung desain dengan nuansa kembali ke tempo dulu.

Untuk mendukung desain bergaya vintage ini Anda bisa mulai dengan mengumpulkan berbagai macam jenis barang-barang bertema jadul. Beberapa diantaranya adalah mesin kopi dengan desain klasik, meja, rak, gelas, cangkir, dan perlengkapan kedai kopi lainnya yang mengusung tema desain tempo dulu.

Guna meningkatkan kesan dan suasana tempo dulu pada warung kopi yang Anda miliki, tidak ada salahnya kalau Anda menambahkan beberapa pernak-pernik seperti lukisan jadul maupun juga hiasan dinding jadul. Bisa juga menambahkan jam dinding tempo dulu. Hal ini bisa membuat kesan klasik nan unik pada warung kopi Anda pun semakin terpancar.

Sebagai pelangkap, untuk menghadirkan desain warung kopi rumahan bergaya vintage yang optimal, bisa juga dipadukan dengan furnitur bergaya klasik dengan balutan warna-warna yang hangat dan natural seperti warna cokelat atau coklat kehitaman.

3. Nuansa Urban untuk Desain Kedai Kopi yang Artistik

konsep desain warung kopi rumahan

Kalau Anda ingin menampilkan kesan desain dengan gaya modern pada warung kopi yang Anda miliki maka desain dengan nuansa urban adalah pilihan yang tepat. Desain kedai kopi yang satu ini lebih banyak menonjolkan kesan dan nuansa modern pada tampilan interior dan juga aneka furnitur yang mendukungnya.

Tampilan desain warung kopi rumahan bergaya urban ini sebenarnya lebih cocok untuk diterapkan di perkotaan besar dengan target pasar anak-anak muda. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa desain ini juga diminati oleh orang dewasa lainnya. Apalagi jika Anda berhasil menampilkan kesan modern nan unik pada tampilan kedai kopi yang Anda miliki tersebut.

Untuk menonjolkan kesan urban pada desain interior warung kopi yang Anda miliki, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah lewat pemilihan warna cat tembok kedai Anda. Sebenarnya ada cukup banyak pilihan warna yang bisa diambil tergantung bagaimana konsep yang ingin Anda kembangkan. Namun untuk warna yang terkesan paling ‘aman’ adalah warna putih ataupun warna kalem natural seperti cokelat.

Guna mendukung tampilan bergaya urban pada kedai kopi tersebut, Anda juga bisa menambahkan perlengkapan kopi dan atribut lainnya dengan sentuhan modern. Gelas-gelas kaca dengan desain unik atau cangkir bergaya modern bisa menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan. Sebagai pelengkap, bisa juga menambahkan dengan ornamen berupa lampu hias (bohlam) sehingga membuat kesan interior Anda menjadi semakin unik dan menawan.

4. Desain Warung Kopi Rumahan Bergaya Skandinavian yang Elegan

desain warung kopi sederhana

Inspirasi gaya desain warung kopi rumahan yang bisa dipertimbangkan selanjutnya adalah kedai kopi yang mengusung tema Skandinavian. Desain dengan tampilan ala Skandinavian ini lebih banyak didominasi oleh warna putih. Bahkan bisa dikatakan bahwa warna putih adalah ornamen warna yang harus ada jika Anda ingin menghadirkan kesan Skandinavian pada kedai kopi Anda.

Selain didominasi oleh warna putih, desain bergaya Skandinavian ini juga didominiasi oleh nuansa terang dan berbagai jenis peralatan yang tersusun rapi. Untuk menambah kesan cantik nan elegan pada desain ala Skandinavian kedai Anda, bisa juga menambahkannya dengan furnitur pendukung yang memiliki dominasi warna natural seperti warna cokelat. Nuansa akan tercipa desain warung kopi minimalis.

Sebagai pelengkap tampilan desain warung kopi ala Skandinavia, bisa juga ditambahkan dengan sejumlah tanaman kaktus dibeberapa sudut ruangan tersebut. Bisa juga ditambahkan dengan hiasan dinding bertema kopi untuk menambah kesan maksimal pada dekorasi tersebut.

5. Desain Kedai Kopi Bergaya Industrial

desain warung kopi rumah

Rekomendasi desain untuk warung kopi rumahan yang juga cukup populer adalah desain dengan nuansa industrial. Jika dicermati, gaya desain interior pada kedai kopi ini lebih banyak menonjolkan kesan ‘belum selesai’ pada ruangannya. Sehingga ruangan yang ada terkesan setengah jadi yang dipadukan dengan bata ekspose (tidak dilapisi dengan seman atau cat).

Untuk mempertegas kesan industrial pada kedai kopi yang Anda miliki tersebut, jangan lupa menambahkan elemen desain dan juga dekorasi bergaya industrial lainnya. Beberapa tambahan dekorasi yang bisa dipilih antara lain adalah kursi kayu berkaki tinggi dari logam. Bisa juga menambahkan lampu berkap dengan tampilan kabel panjang yang menjuntai.

Demikianlah beberapa gaya inspirasi desain warung kopi rumahan yang bisa Anda pertimbangkan apabila ingin mengembangkan bisnis kedai kopi. Desain untuk kedai kopi memang pada umumnya lebih banyak menonjolkan unsur kreatifitas. Berbekal beberapa inspirasi gaya interior di atas, Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih desain yang tepat untuk kedai kopi Anda.

Desain cafe kopi sederhana ini bisa dibilang usaha warung kopi sederhana, tetap tonjolkan kelebihan dan pelayanan agar pelanggan puas dengan bisnis Anda. Siapa tahu usahamu bisa sukses ala-ala starbucks, hee…. Amin.