Kode Error Mesin Cuci Samsung dan Cara Mengatasinya

Kode Error pada Mesin Cuci Samsung dan Cara Mengatasinya – Samsung adalah salah satu merk elektronik ternama di Indonesia. Tak hanya kualitas yang terdepan, Samsung juga dikenal memiliki aftersales service yang sangat baik. Produknya memiliki range yang luas, seperti TV, AC, kulkas, air purifier, bahkan hingga produk telepon pintar. Salah satu produk home appliances andalan Samsung adalah mesin cuci otomatisnya.

Mesin cuci Samsung memiliki fitur digital seperti kebanyakan mesin otomatis lainnya. Fitur ini dapat menunjukkan indikator kerja mesin cuci dan bahkan juga memperlihatkan error yang dialami oleh mesin cuci. Pada layarnya akan muncul kode-kode tertentu yang menunjukkan di mana letak error yang dialami mesin cuci.

Dalam artikel ini akan dijelaskan sejumlah kode error pada mesin cuci Samsung dan cara mengatasinya. Diharapkan anda dapat mengatasi permasalahan yang dialami oleh mesin cuci Samsung anda di rumah lebih mudah.

Daftar Kode Error Mesin Cuci Samsung

kode error mesin cuci samsung

Kode error untuk mesin cuci Samsung terdiri atas kombinasi huruf dan angka. Kombinasi tersebut mewakili pada bagian mana mesin cuci mengalami error. Berikut ini adalah penjelasannya.

DE (Door Error)

Kode error yang pertama adalah DE atau Door Error. Kode ini menunjukkan bahwa ada masalah pada pintu mesin cuci. Biasanya kode ini muncul apabila pintu belum tertutup atau belum rapat. Pastikan pintu mesin tertutup dengan baik agar mesin cuci bisa bekerja. Tetapi pada beberapa kasus mesin cuci top loading, sensornya mudah terkena karat. Untuk itu diperlukan bantuan teknisi untuk mengatasinya.

kode error mesin cuci samsung : 4E

Kode error selanjutnya adalah 4E atau error 1E. Kode ini menunjukkan Water Supply Error. Hal ini mungkin terjadi karena aliran air yang masuk tersendat. Cara mengatasinya mudah saja. Pastikan air pada keran mengalir lancar dengan keran yang selalu terbuka, serta memiliki tekanan sekitar 50-800Kpa agar kode error ini tidak muncul kembali.

5E (Drain Error)

5E merupakan kode error bagi Drain Error. Anda bisa melakukan pengecekan apakah saluran pembuangan tersumbat atau selangnya tertekuk. Untuk mencegah hal ini terjadi, selalu rutin untuk membersihkan saluran pembuangan sehinga bebas dari sumbatan serta pastikan selang terpasang dengan benar tanpa ada bagian yang tertekuk atau tertekan yang membuat air bekas cucian tidak bisa mengalir dengan lancar.

UE (Unbalance Error)

UE atau Unbalance Error terjadi akibat mesin yang bekerja dalam keadaan tidak seimbang. Ada 2 kemungkinan mengapa hal ini bisa terjadi. Pertama, bisa diakibatkan karena mesin berdiri dengan tidak stabil. Maka dari itu, pastikan mesin kita letakkan di area yang datar. Apabila terpaksa meletakkan di area yang tidak rata, bisa ditambah pengganjal agar seimbang.

Kedua, bisa diakibatkan karena cucian di dalam menggumpal atau menjadi kusut sehingga tidak merata dalam tabung mesin. Cara mengatasinya cukup mudah. Hentikan terlebih dahulu proses mencuci, kemudian pakain dikeluarkan dan dipisah-pisahkan lalu dimasukkan kembali satu per satu untuk menghindari menggumpal lagi. Ide lain yang bisa dilakukan ada memasukkan bola plastik cuci sehingga pakaian tidak menggumpal.

SUD (Foaming Detected)

Foaming Detected  atau kode error SUD adalah indikator bahwa mesin mengalami kelebihan busa sabun. Bisa jadi kode ini muncul ketika proses pencucian maupun proses pengeringan. Namun, anda tidak perlu khawatir. Dengan membiarkan mesin cuci bekerja kembali akan segera membuat kondisi busa kembali normal.

kode mesin cuci samsung

UC (Power Error)

Indikasi ini menunjukkan bahwa tegangan listrik di rumah anda sedang mengalami ketidakstabilan. Tujuan dari indikator ini adalah bentuk perlindungan diri dari mesin cuci agar tidak rusak. Mesin cuci akan segera kembali bekerja apabila tegangan listrik sudah kembali normal. Anda hanya perlu menunggu sejenak dan mesin cuci akan kembali bekerja ketika suplai dayanya telah stabil.

LE / LEI (Water Leakage Error)

Awal mula dari kode error ini adalah busa dari terlalu banyak deterjen, sehingga membuat penutup filter pada pompa pembuangan atau pengeringan (drain) lepas sehingga air tidak tertahan di mesin dengan baik. Skenario kedua yang membuat kode ini muncul adalah akibat ada kebocoran air yang terjadi di selang pembuangan. Maka dari itu, pastikan jumlah deterjen tidak berlebihan, serta pastikan kondisi selang dan bagian mesin terpasang dengan baik serta dalam keadaan baik.

OE / OF (Overflow Error)

Seperti namanya, error ini terjadi akibat terjadi pasokan air secara terus menerus sehingga pendeteksi level air tidak dapat bekerja dengan baik. Selain itu bisa juga diakibatkan karena saluran pembuangan air terlipat sehingga air tidak dapat mengalir dengan lancar.

Kode Error pada Mesin Cuci Samsung : 4C

Kode error 4C muncul akibat suplai air yang tidak tersedia. Oleh karena itu ada beberapa langkah yang perlu dilakukan yaitu :

  • Memastikan keran air terbuka
  • Memastikan selang air tidak tersumbat
  • Memastikan keran air tidak dalam keadaan beku
  • Memastikan mesin cuci beroperasi dengan tekanan air yang cukup

Hal yang perlu anda ketahui adalah ketika mesin cuci menampilkan error 4C maka mesin cuci akan melakukan mode pengurasan selama 3 menit. Pada saat pengurasan berlangsung, tombol power tidak berfungsi.

kode-error-mesin-cuci-samsung

4C2

Untuk error ini cukup mudah. Pastikan selang air dingin tersambung dengan kuat ke keran air dingin, sebab apabila tersambung ke selang air panas, maka proses pencucian akan berubah menjadi beberapa siklus.

UB

Kode UB menunjukkan terdapat error pada spinning yang tidak berfungsi. Pastikan cucian terdistribusi secara merata dan bebannya rata sehingga putaran akhirnya akan memuaskan dan dapat kering sempurna.

DC

DC adalah kode error yang muncul akibat menjalankan proses pengeringan dengan kondisi pintu terbuka. Oleh karena itu, anda perlu memastikan agar pintu tertutup dengan rapat dan benar serta tidak ada cucian yang terjebak di pintu.

kode error mesin cuci

HC

HC atau Heater Control adalah kode error yang muncul saat anda perlu melakukan pembersihan wadah saringan atau kondensor.

1E

Water level sensor error yang disimbolkan dengan 1E. Dapat diatasi dengan memastikan selang penyuplai air tidak tersumbat material asing, terlipat atau terjepit, dan tidak terlepas dari sumber air atau keran.

5D

Menuju saluran pembuangan yang tersendat. Mesin akan menampilkan kode 5D. Pastikan koneksi kabel pengering sudah benar dan tidak ada kabel yang putus. Selain itu akibat air yang terlalu panas juga menyebabkan pompa pembuangan bekerja dengan tidak normal.

Umumnya kendala munculnya kode error dapat diatasi dengan mudah. Namun, apabila kendala masih belum bisa teratasi dan kode error muncul secara terus menerus, anda bisa segera menghubungi Call Center untuk bisa dibantu lebih lanjut. Nomor yang bisa anda hubungi adalah 0800-112-888 (layanan bebas pulsa). Pihak customer service  akan mengarahkan anda untuk mendapatkan perbaikan yang tepat bagi mesin cuci anda.

Demikian artikel tentang peralatan elektronik rumah, semoga dengan rumah & kamar Anda semakin nyaman dengan mengetahui tips mengatasi error pada mesin cuci Samsung ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih!