kulkas tidak dingin

5 Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin Yang Wajib Diketahui Agar Penanganannya Tepat

Kulkas merupakan salah satu alat elektronik yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sebagaimana yang sudah diketahui jika kulkas digunakan agar bahan makanan dan minuman tetap awet dan segar.

Akan tetapi dibalik kegunaannya yang sangat banyak, ternyata kulkas mempunyai berbagai macam kendala teknis salah satunya adalah tidak dingin. Tidak dinginnya kulkas bukan hanya untuk kulkas satu pintu saja, kulkas dua pintu pun sering mengalaminya.

Penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin sendiri banyak sekali penyebabnya yang jarang disadari dan diketahui oleh pemilik kulkas itu sendiri. Bagi yang mempunyai masalah tersebut, hendaknya sedari dini mencari tahu apa penyebab kulkas menjadi tidak dingin.

5 Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

Bagi anda yang mempunyai kulkas 2 pintu yang tidak dingin, mesti tahu apa saja penyebabnya. Hal tersebut bertujuan agar kulkas bisa ditangani sesegara mungkin dan ditangani dengan pas sesuai dengan penyebabnya itu sendiri. Adapun penyebab kulkas tidak dingin diantaranya sebagai berikut.

1. Saluran Atau Instalasi Refrigerant (Freon) Mengalami Buntu

Salah satu penyebab kulkas menjadi tidak dingin adalah saluran atau instalasi refrigernat atau freon mengalami buntu. Atau masalah tersebut sering disebut dengan istilah kulkas mampet. Biasanya masalah ini terjadi pada kulkas 1 pintu saja, namun tidak menutup kemungkinan kulkas 2 pintu pun bisa mengalami hal tersebut.

kulkas tidak dingin

Penyebab dari kulkas mampet sendiri bisa terjadi diakibatkan oleh pelumas atau oli kompresor kulkas yang naik ke jalur instalasi atau bisa juga disebabkan adanya kotoran karena kulkas tidak flushing atau cavung. Jika kulkasnya baru, ini memang jarang terjadi.

Sehingga menyebabkan jalannya sirkulasi gas freon menjadi terhambat dan tidak lancar. Namun biasanya yang paling sering terjadi adalah freon kulkas sendiri mampet pada bagian pipa kapiler atau filter. Dimana pada bagian tersebut terdapat lubang yang sangat kecil. Jadi saat terdapat kotoran sekecil apapun masuk ke dalam sistem akan mengakibatkan mampet.

Sedangkan cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah kulkas buntu atau tidak yakni cukup dengan menyentuh atau memegang bagian kanan atau kiri body kulkas itu sendiri. Atau lebih tepatnya pada bagian kondensor serta pada bagian filternya.

Apabila saat memegang bagian tersebut tidak terasa panas, maka besar kemungkinan kulkas mengalami masalah yaitu buntu atau sirkulasi freonnya tidak lancar. Karena kulkas yang normal saat bagian tersebut dipegang akan terasa panas.

2. Kompresor Ampere Naik Melebihi Batas Maksimal

Sebagaimana yang sudah diketahui jika kompresor merupakan komponen utama yang bisa membuat kulkas menjadi dingin. Kompresor sendiri mempunyai kekuatan tergantung dari ukurannya. Apabila ampere pada kompresor melebihi batas maksimal maka kompresor tersebut sudah tidak normal.

penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin

Untuk mengetahui batas maksimal ampere pada kompresor sendiri bisa dilihat pada name plate. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan serta menjadi acuan para teknisi untuk melakukan pemeriksaan atau membetulkan kulkas yang tidak dingin.

Untuk mengetahui apakah kompresor ampere naik melebihi batas maksimal bisa diketahui dengan tanda suara mesin kompresor yang terndengar sangat keras. Selain itu bisa juga dilihat dengan sering mati hidup atau hanya berdengung saja.

Hal yang bisa dilakukan jika kulkas 2 pintu tidak dingin akibat kompresor naik bisa dilakukan pemeriksaan yakni dengan bantuan alat clamp ampere atau tang ampere. Dengan cara tersebut, maka besar nilai ampere dari kompresor bisa diketahui.

3. Terjadinya Penumpukan Bunga Es Di Dalam Evaporator

Selain ke dua penyebab di atas, penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin selanjutnya adalah akibat adanya penumpukan bunga es di dalam evaporator. Hal tersebut akan menghambat sirkulasi hawa dingin ke bagian bawah kulkas sehingga kulkas pun menjadi tidak dingin.

Sedangkan untuk penyebab terjadinya penumpukan es di dalam evaporator sendiri bisa diakibatkan karena kipas FAN yang tidak perbutar atau bisa juga karena fuse panas atau heater tidak bekerja dengan baik atau tidak bekerja sama sekali. Kadang kita sampai tidak bisa membuat es.

penyebab kulkas tidak dingin

Namun meskipun demikian, untuk mendapatkan hasil yang akurat tentu harus dilakukan pemeriksaan secara langsung agar dapat mengetahui permasalahan kulkas yang tidak dingin lebih detail lagi. Akan tetapi pada umumnya penumpukan es di dalam evoprator diakibatkan oleh fuse panas (heater) yang putus.

Fuse panas atau heater sendiri mempunyai fungsi yang sangat penting pada kulkas 2 pintu. Diantaranya yakni untuk mencairkan bunga es secara otomatis. Maka dari itu, sangat penting sekali dan apabila sudah rusak, maka bisa mengakibatkan kulkas menjadi tidak dingin.

4. Tekanan Freon Kosong Karena Terjadi Kebocoran

Adanya kebocoran pada freon mengakibatkan gas freon di dalam kulkas menjadi kosong dan kulkas pun menjadi tidak dingin. Sebagaimana yang sudah diketahui jika freon sendiri merupakan bahan utama dalam proses pendinginan lemari es. Apabila freon kosong atau nol PSI, maka kulkas pun tidak dingin.

Kebocoran pada freon sendiri bisa diakibatkan oleh berbagai macam sebab. Diantaranya adalah karena pipa instalasi yang keropos akibat dimakan usia. Namun keteledoran dari pemilik kulkas dalam membersihkan bunga es menggunakan benda tajam menjadi penyebab paling utama yang jarang disadari.

Sehingga mengakibatkan evaporator pada belakang kulkas tertusuk oleh benda tajam tersebut. Padahal untuk membersihkan bunga es sendiri cukup mudah yakni cukup mematikan atau mencabut colokan kulkas saja dan diamkan beberapa menit.

Dengan cara tersebut, bunga es pun akan mecair dengan sendirinya. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara merawat kulkas yang baik dan benar untuk menghindari kerusakan. Bisa dengan pengecekan berkala kulkas bagian bawah rembes atau tidak.

5. Timer Tidak Bekerja Sebagaimana Mestinya

Dan penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin yang terakhir disebabkan oleh timer yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Sebagaimana yang sudah diketahui jika kulkas yang mempunyai 2 pintu sudah dilengkapi dengan komponen timer.

Komponen tersebut berguna untuk mengatur kelistrikan dari komponennya. Misalnya kapan kopresor tersebut akan bekerja atau berhenti atau kapan saatnya heater bekerja sebagai pencair bunga es secara otomatis. Ini bisa dicegah dengan pengaturan suhu agar udara dingin bisa kita kontrol.

penyebab-kulkas-2-pintu-tidak-dingin

Apabila timer tersebut sudah tidak berfungsi dengan baik, maka akan mengakibatkan kulkas menjadi tidak dingin lagi. Misalnya saa kompresor terus bekerja sehingga akan terjadi pembekuan bunga es pada evaporator atau sebaliknya sehingga kompresor tidak bekerja lagi setelah berhenti.

Maka dari itu, kulkas 2 pintu yang tidak dingin lagi bisa saja diakibatkan oleh timer yang sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Apabila hal tersebut menjadi penyebabnya, maka segeralah untuk melakukan service kulkas agar kerusakan tidak semakin parah.

Itulah 5 penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin yang wajib diketahui agar penanganannya tepat. Dengan mengetahui penyebab penyebab di atas, maka kulkas yang tidak dingin pun bisa segera diperbaiki dengan perbaikan yang tepat oleh teknisi. Jika sudah diperbaiki, maka kulkas pun bisa berfungsi lagi dengan baik seperti biasanya. Hal ini akan mempermudah cara memperbaikinya.